Berkuda, Mengenal Sunah Rosul kini

Berkuda, Mengenal Sunah Rosul kini

“Memanah dan berkudalah, dan kalian memanah lebih aku sukai dari pada berkuda.” (HR. Ahmad, Tirmidzi, dan Ibnu Majah. Hadits ini Dishahihkan oleh Syaikh Al-Albani)
. .
Sebagaimana dalam Hadist, berkuda merupakan salah satu Sunah Rosul Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam . Dalam sejarah Islam berkuda adalah salah satu keahlian yang sebagian besar bisa dilakukan oleh para pejuang agama Allah Subhanahu Wa Ta’ala ketika berperang. Pada zaman Rosul kuda-kuda dilatih dan penunggang-nya pun melatih kemampuan mereka sehingga mereka ahli dalam berkuda.  Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam menyebutkan keutamaan berkendara dengan kuda, Allah telah tetapkan pada ubun-ubun kuda itu terdapat kebaikan hingga hari Kiamat, sebagaimana disebutkan oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Pada ubun-ubun kuda itu, telah ditetapkan kebaikan, hingga hari Kiamat.” (HR Bukhari). Sehingga kebaikan dan manfaat berkuda ini sangatlah besar, maka dari itu berkuda sangat dianjurkan oleh Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam.

. .

Seiring berjalannya waktu serta beralihnya zaman, berkuda merupakan salah satu kegiatan olahraga yang dilakukan oleh sebagian orang dan hanya disenangi oleh sebagian orang tersebut. Oleh karena itu untuk mengenalkan kembali sunah ini kepada anak-anak generasi penerus maka Taman Firdaus Percikan Iman mempunyai satu program khsusus yang mengenalkan kegiatan berkuda untuk para siswa-siswi nya.
. .

Kegiatan Berkuda diperkenalkan pada Jenjang Sekolah Dasar Taman Firdaus Percikan Iman dilaksanakan di salah satu arena berkuda di Bandung Utara pada tanggal 02&04 April 2019. Selama 2 hari itu siswa-siswi Sekolah Dasar bergantian mencoba menunggangi Kuda, didampingi oleh para pawang dan Guru kelas. 

Kebaikan dan manfaat dari kegiatan berkuda ini sangatlah banyak, selain kebaikan pahala manfaat dari berkuda diantaranya:

  1. Meningkatkan kekuatan otot
  2. Meningkatkan akselerasi reflek tubuh
  3. Menstimulasi integrasi sensor
  4. Meningkatkan dan melatih daya penglihatan
  5. Meningkatkan tanggung jawab, kesabaran, kedisiplinan dan rasa percaya diri
  6. Melatih konsentrasi
  7. Melatih rasa menyayangi terhadap hewan
  8. Melatih Emosi
    (sumber wikipedia)

Berkuda mengenal Sunah Rosul kini, juga menjadi harapan bahwa siswa-siswi Taman Firdaus Percikan Iman akan lebih mencintai kegiatan berkuda dan kegiatan lain yang di Sunahkan Oleh Rosul Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam. Karena Generasi Penerus Islam adalah Generasi yang mencintai dan mengamalkan Sunah Rosul-nya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *