Program Taman Bermain dan Taman Kanak kanak

  1. Keagamaan

TBTK Firdaus merupakan sekolah yang menjadikan nilai-nilai Al-Qur’an dan sunnah Rasul sebagai rujukan  pertama dan utama dalam semua kegiatan belajar dan bermain didalam kelas maupun diluar kelas.  Dalam kesehariannya TBTK Firdaus memberikan warna Islam dalam pembentukan akhlak anak. Dibawah ini  kegiatan keagamaan yang dilakukan di sekolah:

  1. Pembiasaan wudhu dan sholat
  2. Tilawati (metode pengenalan huruf hijaiyah)
  3. Bedah Qur’an (terintegrasi dalam pembelajaran tematik)
  4. Hafalan surat pendek , ayat pilihan, mahfudzot,
  1. Pembiasaan latihan shaum
  2. Tarhib Muharam
  3. Simulasi manasik haji
  4. Pembagian hewan Qurban
  5. Asmaul Husna (metode gerak dan lagu)
  6. Cinta Lingkungan

Merupakan kegiatan untuk melatih rasa cinta dan kepedulian anak terhadap lingkungan. Beberapa program yang dilaksnakan adalah :

  1. Dari tanah menuju piring (berkebun>panen>memasak>makan)
  2. Hari tanpa sampah (senin), memilah sampah
  3. Binatang Sahabatku (merawat binatang dalam kegiatan tertentu)
  4. Mitigasi Bencana
  5. Kreasi Barang bekas
  6. Outing

Outing merupakan kegiatan bermain dan belajar yang dilaksanakan di luar lingkungan sekolah. Kegiatan outing diharapkan dapat memberikan wawasan yang luas, mengenal lingkungan sekitar, melatih tanggung jawab, kemandirian, dan juga mengasah akhlakul karimah anak ketika berinteraksi di luar lingkungan sekolah. Kegiatan outing terbagi kedalam dua jenis yaitu mini outing dan fieldtrip. Mini outing adalah kegiatan yang dilakukan diluar sekolah bersama teman satu kelasnya dengan tempat dan kegiatan tertentu.Fieldtrip adalah kegiatan gabungan antar semua kelas TBTK yang disesuaikan dengan tema pembelajaran yang sedang berlangsung di sekolah.

  1. Family Time

Family Time merupakan kegiatan bermain dan belajar anak bersama orang tua. Orangtua diharapkan dapat berperan aktif dalam proses pembelajaran. Kegiatan-kegiatan pada Family Time umumnya berupa kegiatan yang menstimulus kedekatan anak dan orang tua serta bertujuan menjalin silaturahmi antara anak, orang tua, dan guru. Sehingga diharapkan guru dan orang tua dapat bersinergi dalam mendidik putra-putri sehingga proses pendidikan bisa tercapai optimal.  Kegiatan family time tediri dari kegiatan :

  1. Family Day (kegiatan bersama antara ayah, ibu dan anak yang dilakukan selama setengah hari). Dalam kegiatan ini orangtua menjadi penyedia makan bagi orangtua yang lain. Tahun Ajaran ini, penyedia makan untuk semester 1 adalah kelas Lebah Ratu dan Kelas Madu. Untuk semester 2 adalah kelas Prajurit dan kelas Lebah Hutan.
  2. Sehari bersama Ayah
  3. Jumat Berbagi (kegiatan berbagi ini boleh berupa makanan, hasil karya atau benda lainnya dengan kisaran harga maksimal 10.000 dari satu anak untuk teman satu kelasnya. Saat berbagi anak didampingi orangtua untuk diperkenalkan kepada teman satu kelasnya. Jadwal berbagi akan disusun oleh guru kelas masing-masing)
  4. Family Gatherig (kegiatan akhir tahun yang diselnggarakan di luar sekolah dengan tema yang setiap tahun berganti antara family camp, family recreation dan family outbound. Untuk tahun ini adalah Family outbound).
  1. Pendidikan Makan

Kegiatan makan di TBTK Firdaus menjadi ajang pendidikan yang mampu menstimulasi perkembangan ,tanggunggung jawab dan juga akhlak dalam aktivitas makan. Pada program ini pun dikenalkan tentang makanan yang halal dan thoyyib serta proses dan kreasi makanan. Ragam kegiatan pendidikan makan diantara : hari masakan keluarga (yang juga merupakan hari tanpa sampah), makan nyunda, makan dengan sendok garpu, dan makanan tematik (sesuai dengan tema kegiatan) serta memasak di sekolah dengan bahan yang dibawa dari rumah.

Selain menyantap makanan, anak dilatih kemandirian dan tanggung jawab untuk mencuci kembali alat makan yang telah digunakan dan mengembalikan kembali pada tempatnya.

  1. Program Kesehatan Anak

Pihak sekolah memantau kesehatan anak melalui pengukuran berat badan dan tinggi badan yang dilakukan  oleh guru kelas serta visitasi dan pemeriksaan kesehatan oleh dokter umum/anak serta dokter gigi.  bekerjasama.  Jika terdapat sesuatu yang perlu ditindaklanjuti maka pihak dokter akan memberikan rujukan tindakan selanjutnya.

  1. Menabung

Setiap anak dianjurkan untuk melakukan kegiatan menabung setiap satu pekan sekali  di kelas sesuai dengan jadwal masing-masing kelas. Uang tabungan tersebut kemudian akan ditabung ke Mobile Banking Syariah Mandiri pada setiap akhir semester oleh  masing-masing anak atau kunjungan ke bank pada bulan-bulan tertentu.

  1. Renang

Dalam rangka mengoptimalkan kesehatan Jasmani, siswa TBTK Firdaus  mengikuti kegiatan renang yang dilaksanakan setiap bulan . Diharapkan pada saat renang para siswa menggunakan pakaian renang model penyelam sedangkan untuk siswi menggunakan pakaian renang muslimah. Handuk yang dibawa sebaiknya yang menutup bagian tubuh dari bahu sampai lutut.  Tempat renang dilaksanakan di dua tempat yaitu Sampoerna dan Green Pool (bergantian setiap bulannya)

  1. Camping Ratu

Kegiatan Camping Lebah Ratu merupakan rangkaian kegiatan yang Melatih kemandirian serta beradaptasi dengan alam, melatih kedisiplinan, bersosialisasi dengan teman, bersosialisasi dengan alam.

Dilaksanakan satu kali pada semester 2  berlangsung selama 1 malam. Setiap kelompok  akan didampingi oleh satu orang guru.

  1. Parenting

Parenting merupakan kegiatan dimana orang tua mendapatkan informasi mengenai perkembangan putra-putrinya.  Kegiatan ini dilaksanakan pada  tengah Semester dan dihadiri oleh Psikolog sekolah sehingga dapat dimanfaatkan oleh orang tua untuk berdiskusi terkait perkembangan putra-putrinya. Bagi orangtua yang memerlukan konsultasi lebih lanjut dapat mengikuti kegiatan konseling tertutup di  sekolah sesuai dengan jadwal psikolog sekolah.

  1. Unjuk Kabisa

Melatih keberanian dan kreativitas anak merupakan salah satu kegiatan yang distimulus oleh para pendidik. Unjuk kabisa dilaksanakan pada beberapa kegiatan yaitu presentasi hasil karya (bertepatan dengan pembagian raport tengah semester) dan pentas seni.

  1. Berbagi Berkah

Menanamkam jiwa berbagi sejak dini, menumbuhkan rasa empati adalah salah satu tujuan dari program berbagi berkah. Kegiatan ini ada yang bersifat momentum (kencleng qurban dan infak ramadhan) dan ada juga yang bersifat rutin (kencleng wakaf dan TAMPI). Kecleng wakaf disediakan setiap hari jumat di kelas masing-masing dan TAMPI disediakan dari sekolah untuk diisi di rumah dan dibawa setiap satu bulan sekali).

  1. Sunda Hade

Program pembelajaran yang mengenalkan budaya Sunda diikemas melalui beberapa kegiatan yang beragam dengan tema tertentu. Program rutinnyd dilaksanakan setiap hari Rabu (untuk TK) dan hari Jumat (untuk TB). Dalam satu tahun ajaran terdapat satu kegiatan gebyarnya. Melalui program ini diharapkan budaya lokal tak lekang dimakan waktu. Anak menjadi dekat dengan budayanya.

  1. Niaga

Melatih anak untuk memilliki jiwa usaha dan pantang menyerah merupakan salah satu tujuan dari program niaga. Pada program ini terbagi pada dua kelompok yaitu penjual dan pembeli. Setiap anak yang menjadi penjual akan menjual makanan/minuman yang telah dibuatnya bersama orangtua dirumah. Anak yang memiliki peran sebagai pembeli dilatih untuk melakukan transaksi membeli. Baik penjual maupun pembeli diajarkan cara bertransaksi dengan baik.

  1. Kelas Inpirasi

Kelas Inspirasi merupakan program keterlibatan peran orang tua dalam kegiatan pembelajaran di sekolah. Pada program ini, orang tua diperkenanan menjadi sumber belajar  atau bahkan menjadi pengajar bagi anak-anak pada kegiatan tertentu yang telah disepakati antara orang tua dan guru. Dengan kegiatan ini diharapkan anak menjadi lebih kaya pengalaman belajarnya.

Kelas Inspirasi dibagi ke dalam dua kegiatan yaitu : Orangtuaku Guru (orang tua mengajar di kelas tempat anak, untuk TBTK) dan Sesi Minat Siswa (Gabungan beberapa orang tua mengajar, setiap anak boleh memilih kegiatan sesuai dengan minat anak, khusus untuk TK)